(Bahasa Indonesia) SUSTAINABLE PROCUREMENT GUIDE FOR HEALTHCARE

Health Care Without Harm (HCWH) , Global Green and Healthy Hospitals (GGHH) , Dan Practice Greenhealth (PGH) baru-baru ini melakukan Rilis Panduan Pengadaan Barang/Jasa berwawasan lingkungan (Sustainable Procurement) bagi layanan kesehatan.

Menurut data Laporan dari Health Carbon Footprint dan HCWH, 71% Limbah Emisi Karbon di pelayanan kesehatan muncul dari rantai pengadaan barang/jasa (supply chain).

Barang-barang dalam layanan kesehatan tentu berbeda dengan bidang lainnya, dimana terdapat beberapa barang yang mungkin mengandung senyawa berbahaya seperti : zat karsinogenik pemicu kanker, zat bersifat racun/toxin bagi kesehatan reproduksi, maupun zat lainnya yg berbahaya bagi kesehatan pasien, staff, maupun komunitas.

Belum lagi dengan tingginya volume jumlah limbah dan sampah padat yg dihasilkan, tentu ikut memperberat permasalah sampah nasional dan internasional.

Hal ini tentu mengkhawatirkan dan menunjukkan bahwa benar, pelayanan kesehatan harus berbenah demi kebaikan lingkungan hidup kita.

Pengadaan Barang berwawasan lingkungan (Sustainable Procurement) berusaha mencarikan alternatif untuk menekan dampak rantai pengadaan (supply chain) demi kebaikan lingkungan dengan tetap menjaga transisi positif dalam proses bisnis dan peluang ekonomi.

HCWH merilis panduan ini dengan semangat membantu fasilitas kesehatan memahami potensi positif maupun peluang ekonomi dari perbaikan pengadaan dan pengelolaan barang/jasa.

Sektor kesehatan, secara kolektif, mampu membangun daya tawar yang tinggi. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk membangun pasar yang sehat, regulasi yg kuat dan membuat peluang yg lebih baik bagi kesehatan, kemanusiaan dan lingkungan.

Mari perbaiki lingkungan dan proses bisnis layanan kesehatan kita, agar kita dapat membantu menyelamatkan bumi dan masyarakatnya.

CLICK TO ACCESS THE FULL REPORT VIA YOUR GGHH CONNECT ACCOUNT